MANAJEMEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH





Baru
Rp 85.000 Rp 75.000
Judul:
Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah: Upaya Peningkatan Kinerja Melalui Transformasi Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD))


Penulis: Vitrie Winastri

Spesifikasi:
viii + 168 halaman
13.5 cm x 20 cm
Book Paper
Softcover
Wrapping Plastik

Penerbit: Perkumpulan Fata Institute (Fins)
ISBN: 978-623-99368-9-1
Harga: Rp. 75.000

Sinopsis:

Buku ini merupakan hasil dari studi yang dilakukan pada tahun 2011 silam sewaktu saya menyelesaikan program Magister di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Kajian Adminstrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kinerja RSUD Cibinong sebelum dan setelah menjadi BLUD. Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat dan kendala dalam penerapan BLUD di rumah sakit pemerintah, khususnya dalam meningkatkan kinerja dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM).

RSUD Cibinong telah menerapkan PPK-BLUD sejak Januari 2010 dan melakukan pencatatan SPM hanya untuk Bagian Standar Pelayanan Klinis yang terdiri dari 16 jenis pelayanan. Dalam rangka menilai kinerja RSUD Cibinong, penulis mengambil 4 jenis pelayanan/unit kerja yaitu Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Rawat Inap, dan Kamar Bersalin, dengan fokus pada indikator yang belum mencapai target.

RSUD Cibinong telah melakukan manajemen perubahan dengan menerapkan PPK-BLUD, dengan memperhatikan aspek pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis internal, keuangan, dan pelanggan, serta mengikuti strategi manajemen bisnis Six Sigma. RSUD Cibinong ingin mengetahui pencapaian SPM sebelum dan sesudah penerapan PPK-BLUD, serta gambaran aspek SDM, Sarana, Keuangan, dan Manajemen Informasi sebelum dan sesudah PPK-BLUD. Diharapkan bahwa penerapan PPK-BLUD dapat membantu RSUD Cibinong dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, sehingga RSUD Cibinong dapat lebih kompetitif dalam melayani pelanggan di tengah persaingan antar rumah sakit. Upaya perbaikan terhadap keempat aspek tersebut perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan pencapaian SPM.

Dalam studi ini, delapan poin simpulan dihasilkan, yang mencakup aspek sumber daya manusia, sarana, keuangan, manajemen informasi, dan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja RSUD Cibinong. Selain itu, buku ini juga membahas manfaat dan kendala dalam penerapan BLUD di rumah sakit pemerintah.

ORDER VIA CHAT

Produk : MANAJEMEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

Harga :

https://www.penerbitfins.com/2023/04/manajemen-rumah-sakit-umum-daerah.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi